Total Pageviews

Monday 19 June 2023

MENGHARGAI SEJARAH INDONESIA : MEMBANGUN PERSATUAN DALAM KERAGAMAN

 

Pendahuluan:

"Jasmerah! Jangan sekali-kali melupakan sejarah." Ungkapan tersebut, yang berasal dari Bapak Ir. Soekarno atau Bung Karno, pendiri bangsa Indonesia, sangatlah terkenal. Namun, mengapa kita harus belajar sejarah? Mengapa kita perlu memahami dan menghargai sejarah bangsa kita, baik sebelum maupun setelah berdirinya negara ini?

 

Pentingnya Sejarah:

Sejarah adalah kumpulan peristiwa masa lalu, termasuk sejarah kita sendiri. Setiap peristiwa yang telah terjadi merupakan bagian dari sejarah. Oleh karena itu, sejarah dapat dianggap sebagai catatan semua peristiwa masa lalu.

 

Kesatuan Sejarah:

Wilayah-wilayah yang saat ini menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki kesatuan sejarah. Meskipun pada awalnya wilayah-wilayah tersebut terbagi menjadi berbagai kerajaan yang berdiri sendiri, kita sepakat untuk menyatukan mereka dalam segi historis dan sikap. Kesepakatan ini didasarkan pada pemahaman bahwa ketika wilayah Nusantara terbagi-bagi dalam kerajaan-kerajaan sendiri, terdapat risiko konflik antar kerajaan. Negara-negara Eropa melihat celah ini dan menjajah wilayah ini selama berabad-abad. Mereka menguasai perdagangan dan politik, meskipun rajanya secara de jure maupun de facto masih berasal dari orang lokal.

 

Reinterpretasi Sejarah:

Sejarah Indonesia selama masa penjajahan Belanda selama 350 tahun seringkali tidak sesuai dengan narasi sejarah yang sebenarnya. Indonesia sebagai negara baru terbentuk pada tanggal 17 Agustus 1945, namun perjuangan untuk mempertahankan kesatuan wilayah Indonesia baru terjadi pada tahun tersebut hingga pembebasan Irian Barat yang sekarang menjadi provinsi-provinsi di Papua. Meskipun demikian, untuk semangat persatuan dan kebersamaan, setiap wilayah yang sekarang menjadi bagian dari Indonesia dianggap sebagai bagian dari sejarah Indonesia. Sejarah lokal bukanlah hal yang terpisah. Oleh karena itu, setiap kali wilayah di Indonesia dikuasai dan dijajah oleh Belanda, baik melalui VOC, Republik Batavia, atau Kerajaan Belanda, itu dianggap sebagai awal penjajahan di tanah Indonesia. Semua ini dilakukan sebagai bentuk rasa kebersamaan dan persatuan sebagai bangsa.

 

Artikel ini menekankan pentingnya memahami dan menghargai sejarah bangsa kita secara menyeluruh. Dengan memahami sejarah, kita dapat memperkuat rasa persatuan dan kebersamaan sebagai bangsa Indonesia. Memahami sejarah juga membantu kita belajar dari kesalahan dan prestasi masa lalu, serta mengambil inspirasi untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi bangsa kita.

 

Penutup:

Dengan tidak melupakan sejarah dan mempelajari warisan budaya serta perjuangan para pahlawan, kita dapat memperkokoh identitas sebagai bangsa Indonesia. Semangat persatuan dalam keragaman adalah kunci untuk memajukan bangsa kita ke depan. Dengan rasa kebersamaan dan penghargaan terhadap sejarah, kita dapat membangun masa depan yang lebih baik, saling menghormati dan bekerja sama untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan.

 

Dengan artikel ini, diharapkan pembaca dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya memahami sejarah Indonesia dan bagaimana sejarah dapat membentuk identitas dan persatuan kita sebagai bangsa.

No comments:

Post a Comment